Cara Menghilangkan Rayap di Tembok


Cara mematikan rayap di tembok atau cara mengjilangkan rayap di tembok, bisa jadi merupakan suatu pekerjaan yang sangat membingungkan, terutama untuk yang belum pernah mengerjakannya. Serangan hama rayap yang terletak di dalam tembok memang sangat sulit untuk dibasmi, karena seringkali kita suka memberi tembok dengan penutup seperti wallpaper dan lain sebagainya.

Namun, untuk membasmi rayap yang membuat sarang di dalam tembok  rumah, sekarang sudah ada cara ampuh dan mudah. Rumah merupakan istana untuk penghuninya, jadi tentu saja setiap orang ingin agar rumahnya aman dari gangguan hama rayap.

Jenis rayap tanah dan juga jenis hama rayap kayu merupakan jenis rayap yang umumnya sering dijumpai di indonesia. Hama rayap dari jenis rayap tanah biasanya akan muncul di rumah dengan tanda-tanda munculnya tanah dari bawah lantai rumah secara acak, di lokasi yang berdekatan. Adapun rayap kayu umumnya muncul pada kayu pintu, kusen, kuda-kuda dan lainnya.

Untuk membasmi rayap yang muncul di tembok rumah, ada beberapa cara yang bisa digunakan sendiri, yaitu dengan cari mengenali dengan teliti terlebih dahulu lokasi dari sarang rayap yang menempel di dinding rumah.

Menggunakan jasa anti rayap professional merypakan langkah paling tepat bagi anda. Anda bisa menghubungi mereka untuk melakukan survei dan konsultasi. Tetapi jika anda ingin membasmi sendiri di rumah anda ada beberapa tips dari Saya.

Jika Setelah tempat sarang dari rayap itu diketahui, maka sebaiknya dipelajari kembali apa penyebab dari timbulnya sarang rayap di tempat tersebut, apakah adanya kelembaban udaranya atau yang lainnya. Kita harus mengetahui penyebab dari adanya sarang rayap, karena apabila kita hanya membasmi rayapnya saja dan tidak membersihkan penyebabnya, maka rayap akan terus muncul di rumah kita.  Jika lokasi sarang dan penyebabnya sudah diketahui maka tahap selanjutnya ialah mempersiapkan obat anti rayap yang akan digunakan untuk membasmi sarang rayap.

Jenis obat anti rayap yang disarankan untuk membasmi rayap adalah jenis obat anti rayap yang bisa disemprotan secara langsung ke dalam tembok. Diharapkan dengan cara menyemprotkan obat anti rayap secara rata di lokasi yang terserang rayap dan daerah sekitarnya, maka rayap akan bisa dimusnahkan dari rumah anda. Hal ini harus dilakukan secara berulang kali sampai anda rasa cukup dan reaksi dari obat anti rayap ini bekerja.

Selanjutnya Anda membersihkan sisa dari jalur tanah yang ada di dinding rumah jika telah selesai. Selanjutnya selalu periksa sekitar 2-3 bulan setelah dilakukan penyemprotan anti rayap ini. Satu hal yang harus di ingat pada saat menggunakan obat anti rayap ini adalah, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan plastik atau karet, sebab bahan yang terkandung dalam obat anti rayap ini merupakan bahan kimia yang harus dipatuhi tata cara pemakaiannya dan juga penggunaannya.

Pada intinya obat pembasmi rayap ada 2 macam yaitu obat anti rayap yang dapat bekerja dengan cepat dan ada obat anti rayap yang cara kerjanya lambat. Kedua jenis obat anti rayap ini bisa dipakai sendiri di rumah, asalkan sesuai dengan petunjuk yang tersedia di dalam obat anti rayap yang anda pakai.

Cara Menghilangkan Rayap di Tembok

Tembok yang kena rayap

Selain itu masih ada cara lain yang bisa di jadikan alternatif sebagai cara membersihkan rayap yang menempel pada tembok, yaitu dengan menggunakan pengasapan atau lebih dikenal juga dengan nama sistem fumigasi.

Sistem fumigasi ini biasanya dilakukan oleh pest control yang sudah terlatih dan sudah memiliki sertifikat untuk membasmi rayap yang terdapat di dinding maupun di seluruh rumah. Proses kerja dari sistem fumigasi adalah dengan mengisi seluruh rumah atau wilayah yang telah terserang dengan gas beracun. Metode fumigasi ini sangat efektif namun akan meninggalkan sedikit residu atau bau.

Alternatif berikutnya yang bisa dilakukan untuk membasmi rayap yang ada di tembok adalah dengan menempelkan umpan tisu di tembok yang telah terserang rayap. Ini merupakan salah satu cara yang paling mudah dan juga efektif untuk dilakukan sendiri dirumah. Mengapa ? Karena begitu Anda sudah membeli umpan rayap, maka Anda bisa segera langsung memakainya serta memasangnya sesuai dengan aturan di balik kemasan.

Satu hal yang perlu Anda ketahui, apabila memilih insektisida sebaiknya terlebih dahulu disesuaikan dengan kebutuhan dan harus yang mempunyai sertifikat sehingga aman untuk digunakan, karena sering ditemukan obat rayap yang tidak mempunyai sertifikat serta tidak terdaftar secara legal sehingga belum jelas apakah obat anti rayap itu aman untuk digunakan atau tidak. Untuk itu carilah produk yang memang ramah lingkungan sehingga aman untuk penghuni rumah.

Ciri-ciri insektisida yang legal dan punya izin di balik kemasannya adalah terdapat peringatan dan cara mengatasi jika terjadi keracunan terhadap penggunanya. Oleh karena itu bacalah label dengan teliti sebelum memakainya dan pastikan untuk menggunakan alat pelindung seperti masker, sarung tangan plastik dan kacamata bening. Pastikan produk yang Anda pilih adalah produk obat anti rayap yang telah terbukti ampuh dalam membasmi serangan hama rayap buat kayu kering dan tanah.

Berikut kumpulan tips cara paling ampuh didalam aplikasi anti rayap yang terbagi dalam beberapa teknik umum yang digunakan oleh perusahaan pest control di Indonesia.
  1. Sistem semprot yang merupakan cara paling ampuh di dalam membasmi serangan hama rayap. Adapun cara sejenis yakni dengan cara obat dikuas maupun di rendam.
  2. Sistem suntik, yakni yang dilakukan dengan cara menyuntikkan jenis obat rayap yang ada dalam sebuah sarang di dalam koloninya ini.
  3. Sistem umpan, yakni dengan cara menyimpan umpan berupa tisue di sekitar sarang rayap, maka efeknya adalah kanibalisme didalam sebuah ekosistem koloni rayap. 
Itulah penjelasan singkat Kami tentang cara mengatasi atau membasmi rayap tanah atau rayap kayu di tembok atau di tempat lain seperti di lemari, plafon rumah, pada kusen kayu dan lain sebagainya. Jika sekiranya cara praktis mengusir rayap ini bermanfaat buat Anda, silahkan dibagikan agar teman Anda juga ngerti dan tahu apa saja contoh cara membasmi rayap disamping juga harus tahu penyebab rayap menyerang sehingga rayap mudah dihilangkan.

Baca juga :
membasmi rayap dengan kapur barus
cara praktis mengusir rayap
penyebab rayap
- cara mematikan rayap di tembok
cara mengatasi rayap di kusen pintu
cara membasmi rayap tanah secara alami
- cara membersihkan rayap di tembok
cara membasmi rayap di plafon rumah

Referensi :
- Anti Rayap, link
- Pest Food, link




Back To Top