Cara Membasmi Rayap Tanah Secara Alami


Bagaimana cara membasmi rayap tanah secara alami ? Mudah sih secara teori tapi kayaknya kita harus praktek dengan keras. Menurut laman Dekoruma dan Sentra Medis, ada beberapa pilihan yang bisa Anda lakukan untuk membasmi rayap dengan bahan alami, diantaraya adalah :

Memasang perangkap dengan kardus
Salah satu cara untuk menyingkirkan rayap tanpa perlu memindahkan perabotan adalah dengan meletakkan perangkap. Cara membasmi rayap berikut adalah dengan membasahi kardus. Tidak perlu terlalu basah, cukup agar kardus jadi lembab.

Sebelum melakukan pemberantasan rayap, Anda harus tahu terlebih dahulu di mana sarang rayap berada. Tempatkan kardus di sana sampai bau seperti kayu keluar dari kardus dan memancing rayap ke arahnya. Ketika rayap sibuk memakan selulosa yang ada di kardus, segera pindahkan kardus ke tempat yang aman lalu buang kardus dan rayapnya ke kolam biar jadi pakan ikan atau kasih ke ayam kalau Anda punya ayam.

Membuat air sabun
Cara membasmi rayap yang satu ini mudah dilakukan dengan bahan-bahan yang ada di rumah Anda sendiri. Anda cukup menyediakan botol semprot kosong, sabun cair dan air. Cara buatnya, campur empat sendok makan sabun cair dan segelas air, kocok hingga menyatu. Setelah itu, masukkan larutan sabun ke dalam botol semprot. Semprotkan larutan sabun di area yang diserang rayap.

Cara pemberantasan rayap ini bertujuan untuk mengganggu sistem pernafasan rayap, sehingga rayap akan mati sendiri. Lakukan cara ini beberapa kali sehari sampai rayap terbunuh sepenuhnya.

Membuat larutan garam
Cara lain untuk membunuh rayap adalah dengan membuat larutan garam. Pada prinsipnya, cara pemberantasan rayap ini sama dengan membuat larutan sabun. Pertama, larutkan garam dengan setengah liter air. Tujuannya adalah untuk membuat konsentrasi larutan garam yang tinggi. Setelah itu, masukkan larutan garam ke dalam botol semprot. Semprotkan larutan garam pada rayap sehingga rayap akan mati lemas.

Dengan kapur sirih
Daripada dua solusi sebelumnya, membuat larutan kapur sirih sebenarnya adalah cara paling ampuh untuk membunuh rayap. Larutan ini terkenal tidak hanya sebagai pembasmi rayap, tetapi juga berpotensi membunuh serangga lainnya.

Membasmi rayap dengan larutan kapur sirih juga dapat membunuh larva rayap, sehingga cara yang satu ini memiliki dampak menyeluruh. Cara yang mesti dilakukan adalah dengan cara mencampur air dengan kapur sirih, lalu air itu disemprotkan pada sarang rayap. Semprot juga di tempat lain agar rayap tidak bergerak. Biasanya hanya butuh sekali penyemprotan.

Cacing Nematoda




Telah lama diketahui bahwa cacing nematoda digunakan sebagai sarana ampuh untuk memberantas rayap. Cacing nematoda adalah parasit yang andal dalam membasmi serangga. Cacing nematoda biasanya dapat ditemukan di kebun atau pekarangan. Tetapi jika Anda merasa sulit untuk menemukannya, tidak ada salahnya untuk membeli cacing nematoda di toko pakan ternak.

Anda tinggal meletakkan cacing nematoda pada furnitur yang diserang rayap, dan biarkan cacing nematoda memakannya. Cacing nematoda juga bisa memakan rayap larva.

Tanah Diatom



Jika rumah Anda rentan terhadap rayap, Anda mungkin harus mencoba tanah diatom untuk membunuh rayap. Tanah diatom dapat membuat rayap mengikis dan kering, itu sebabnya rayap selalu menjauh dari diatom.

Anda dapat menaburkan tanah diatomaceous pada bingkai jendela kayu. Loteng dari rumah kayu juga jangan sampai terlewatkan dari taburan tanah diatom. Yang paling penting, taburkan tanah diatomik di sekitar rumah. Terutama di pintu masuk. Ini tidak hanya menghilangkan jalan rayap, tetapi juga mencegah rayap memasuki rumah.

Minyak Jeruk



Lemari Anda diserang oleh rayap? Jangan takut makanan Anda teracuni dengan pembunuh rayap berikut. Satu hal yang perlu Anda siapkan adalah minyak jeruk.

Karena bahan-bahan alami, Anda tidak perlu takut bahwa residu akan mempengaruhi kesehatan keluarga jika terkena makanan. Bisa dibilang minyak jeruk sebagai pestisida alami karena dapat mencegah dan membunuh rayap ketika terjadi kontak.

Minyak jeruk ini bermanfaat dalam membasmi rayap dengan cara menghambat si rayap dalam memakan perabotan kayu dan mencegah rayap bertelur sehingga jumlah rayap akan berkurang. Metode ini tidak seefektif cara lain, tetapi relatif aman. Untuk melakukan pemberantasan rayap ini, Anda perlu menerapkan minyak jeruk berkali-kali sampai rayap mati sepenuhnya.

Air bekas cuci beras
Anda mungkin tidak akan menyangka kalau air cucian beras yang biasanya dibuang itu ternyata bermanfaat untuk membasmi rayap. Triknya sangat mudah yakni dengan cara memercikkan air bekas cucian beras ke sekeliling sarang rayap.

Tembakau
Khasiat tembakau akan lebih efektif jika direndam dengan air dan kemudian didiamlakn selama satu malam. Perendaman selama satu malam berguna untuk mengeluarkan semua arioma tembakau. Setelah itu, semprotkan air tembakau ke sarang rayap atau kayu yang diserang rayap.

Minyak tanah
Minyak tanah juga kuat untuk mengusir rayap. Caranya dengan menyemprotkan minyak tanah pada kayu yang dimakan rayap atau di sarangnya.

Itulah yang bisa Saya sampaikan perihal cara praktis dan alami dalam membasmi, mengatasi, mengusir dan mematikan rayap tanah di tembok, plafon rumah, kusen pintu, tanaman dan lainnya. Selanjutnya baca juga  :
cara menghilangkan rayap di tembok
membasmi rayap dengan kapur barus 




Tag : membasmi rayap, rayap tanah
Back To Top